Selasa, 02 Juli 2013

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Kata

Sumber: michellerafter.com
SERINGKALI kalau kita menulis artikel atau opini, kata yang kita tulis disyaratkan dengan jumlah tertentu. Misalnya minimal 300 kata, atau ketika menulis artikel opini di koran biasanya mensyaratkan jumlah kata sebanyak 750 sampai 850. Tentu kalau kita tidak “akrab” dengan komputer, untuk menentukan banyaknya jumlah kata tersebut mungkin kita akan menghitungnya secara manual, yang tentu saja akan merpotkan dan belum tentu akurat. Hal seperti itu juga pernah saya lakukan belasan tahun yang lalu ketika baru mengenal komputer. Nah, bagaimana sesungguhnya cara yang mudah untuk menghitung jumlah kata yang telah kita ketik atau tulis?

Sesungguhnya kalau kita mengetik di komputer sudah ada menu penghitung jumlah kata yang lebih lengkap dan akurat. Bahkan, kalau sekadar untuk mengetahui berapa kata yang telah kita ketik, kalau kita mengetik pada microsoft word, baik pada windows 1995, 1998 (jadul banget), 2010, XP, maupun windows 7, tanpa harus memanfaatkan menu khusus itu. Kita tinggal melihat sisi bawah bagian kiri dari monitor kita. Di situ secara otomatis sudah ada penunjuk jumlah kata yang telah kita tulis.


Tetapi kalau kita mau lebih lengkap lagi, kita bisa memanfaatkan menu yang ada. Tinggal klik menu “REVIEW” maka akan memunculkan sub-sub menu yang bejibun jumlahnya. Kemudian kita pilih dan klik “WORD  COUNT”, maka akan muncul kotak informasi dari halaman yang telah kita isi tulisan. Di situ ditunjukan beragam informasi, seperti berapa jumlah halaman, jumlah kata, jumlah karakter tanpa spasi, jumlah karakter dengan spasi, jumlah paragraf, jumlah baris, dan juga kita bisa men-setting semuanya itu apakah jumlah itu termasuk mengikutsertakan texboxes, footnotes, dan endnotes-nya.


Terakhir, terkadang perhitungan di komputer seperti tidak akurat. Bisa jadi karena komputernya error, dan/atau mungkin ketika kita mengetik seringkali salah dan lepas-lepas (ada spasi) per huruf-hurufnya sehingga terbaca satu kata, dan ini yang paling sering yang terjadi. Jadi sangat mudah bukan cara mengetahui jumlah kata ketika kita mengetik dengan komputer tanpa menghitung satu per satu. Semoga bermanfaat!


Artikel lainnya:
Cara Mudah Mencari Nilai t-Tabel dan F-Tabel Menggunakan Microsoft Excel
Cara Mudah dan Murah Pasang Iklan di Facebook
Menulis di Media Massa Cetak, Mengapa Tidak?

7 komentar:

  1. MAlaha baru tau, gak pernah merhatikan menu secara mendetil. thanks infonya

    BalasHapus
  2. sip mas...dan salam kenal dari kota Balikpapan

    BalasHapus
  3. Thanks infonya mas,. kalau ngitung manual wah bisa kesel...hehe...untung ada sharing tips Anda

    BalasHapus
  4. mantap tutorialnya. makasih ilmunya

    BalasHapus
  5. Dulu saya ngitungnya satu - satu. Berkat ente, ane tidak cape lagi ngitungnya

    BalasHapus
  6. terimah kasih infonya gan.....mudahan bisa bermanfaat ....sukses selalu

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...