Rabu, 13 Agustus 2014

Bukuku, Buku yang Bukan Buku

BUKU yang bukan buku! Begitulah penilaian banyak pakar perbukuan pada buku hasil kumpulan artikel atau opini. Begitu pula dengan kumpulan tulisan saya ini, yang memang tak bisa dikategorikan sebagai buku. Tak masalah, karena ini memang bukan buku "sungguhan", bukan karya ilmiah dengan metodologi yang canggih dan mutakhir. Ini hanyalah catatan semacam rekam jejak yang terserak dan tak terlalu penting. Hanya berupa kumpulan artikel yang telah tersebar di berbagai surat kabar dan kanal blog dengan fokus dan lokus utama tentang hal-hal yang memang tak terlalu penting, hanya tentang pernik-pernik kecil dunia pertanian (kecil) dan pedesaan yang unik.

Bahkan bisa dikata, buku yang bukan buku ini hanya merupakan pemikiran sesaat, sesat dan bisa menyesatkan, yang berkembang sesuai dengan situasi subyektif yang saya temui. Jadi bukan hal yang mustahil jika percikan gagasan kecil yang muncul dalam tulisan ini sudah kadaluwarsa, basi dan berbau. Dengan kata lain, buku yang bukan buku ini mempunyai banyak kelemahan baik dari konten maupun argumen. Gaya penulisan pun penuh dengan tendensi perspektif pribadi sekaligus hanya akumulasi pemahaman penulis terhadap fenomena yang terjadi. 

Bukan sesuatu yang luar biasa, hanya hasil obrolan kecil dengan teman-teman petani (marjinal) yang selalu menginspirasi, teman-teman ngobrol di pinggir-pinggir ladang, di pematang-pematang sawah, di bawah pohon-pohon cengkeh, di warung-warung kopi, di pojok-pojok kampus, ataupun diskusi “nyelempit” di dunia maya.

Bagi saya ini bukan perkara mudah untuk mengumpulkan dan mengelompokkan berbagai artikel yang terserak dan beragam ini menjadi kumpulan yang sehabitat. Kemudian tulisan ini juga saya urutkan sesuai dengan waktu penulisan artikel. Tentu saja, dengan cara ini topik tulisan seringkali “berlompatan”, dan mungkin menyulitkan pembaca mencari dan membaca topik-topik yang lebih “sehabitat”. Semoga saja buku yang bukan buku ini,  dengan tulisan sederhana ini ada manfaatnya.

3 komentar:

  1. Mungkin di dalamnya banyak sekali tips untuk pada petani agar semua tanamannya itu menjadi lebih berguna dan hasilnya memuaskan

    BalasHapus
  2. gejala dan pengobatan penyakit lupus pada anakSabtu, September 13, 2014 8:07:00 AM

    asal ada tulisannya ya di kategorikan sebagai buku :) sukses ya

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...