Senin, 02 September 2013

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh

Bunga Cengkeh (Foto: Dok. Pribadi)
CENGKEH adalah salah satu jenis rempah yang populer di Indonesia. Bahkan pernah menjadi komoditas "emas" dan membuat bangsa-bangsa Eropa tertarik mendapatkannya. Ini karena manfaatnya bukan saja sebagai bahan rokok kretek, tetapi juga digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu masakan. Di negara-negara Eropa, cengkeh dijadikan bumbu masakan terutama untuk masakan-masakan yang pedas. Selain sebagai bahan pembuatan rokok kretek dan penyedap rasa, cengkeh juga bisa dijadikan bahan obat, salah satunya untuk mengobati sakit gigi.

Bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh ini? Caranya sangat mudah. Dengan sifat analgesiknya, kita bisa memanfaatkan bunga cengkeh, baik yang dalam kondisi segar maupun yang sudah kering. Bisa juga dengan memanfaatkan minyak cengkeh hasil destilasi.

Pertama, untuk bunga cengkeh yang segar, kita ambil bunga cengkeh 1-2 polong, lalu gencet dengan penumbuk atau cukup dipatahkan menjadi dua bagian. Bila gigi yang sakit itu dalam kondisi berlubang, kita bisa memasukan hasil patahan bunga cengkeh disela gigi berlubang, jika tidak kita bisa langsung menggigit dengan gigi geraham yang sakit dan membiarkannya beberapa saat. Aroma dan rasa pahit-getir memang akan sedikit terasa, justru ini yang menunjukan kandungan berkhasiat dari cengkeh.

Kedua, jika menggunakan bunga cengkeh yang kering. Kita ambil beberapa polong dan langsung dihaluskan sampai menjadi powder atau bubuk. Cengkeh ketika dalam kondisi kering dengan kadar air yang sedikit bisa langsung dihaluskan, namun jika sudah sedikit layu bisa disanggrai dulu untuk memudahkan proses membuuat jadi bubuk. Nah bubuk ini bisa ditaburkan ke bagian yang sakit.

Ketiga, memanfaatkan minyak cengkeh, yaitu dengan mencelup kapas atau cotton but ke minyak cengkeh lalu mengoleskannya ke bagian yang sakit. Oleskan sedikit saja, karena jika kebanyakan rasa panas yang ditimbulkan dari minyak cengkeh sangat kuat.

Demikianlah beberapa cara memanfaatkan bunga cengkeh sebagai obat sakit gigi. Saya sejak kecil sudah biasa melakukan cara ini dan hasilnya memang tak mengecewakan. Di lingkungan saya, ini merupakan cara murah dan mudah dalam mengobati sakit gigi. Semoga bermanfaat!

16 komentar:

  1. pernah tau juga klo cengkeh emng bagus untuk mengobati sakit gigi, tpi agak susah ya menemukan cengkeh segar di sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila minyak cengkeh di apotik saja mbak kalau susah nyari yg segar :)

      Hapus
  2. Terima kasih sharenya mas Jun. Bisa dipraktekkan nantinya. Saya selalu punya stok cengkeh kering di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mumpung panen raya ya bu di purwokwerto, simpan dulu, beberapa bulan kemudian kemungkinan harganya melonjak :)

      Hapus
  3. Postingan yang bagus mas. Bernas!
    Salam kenal dan jangan lupa folback dan main ke tempat aku ya.hehe

    BalasHapus
  4. wahhh baru tahu cengkeh bisa buat obat sakit gigi :D

    BalasHapus
  5. kebetulan banget nih, lagi sakit gigi.
    makasih infonya mas, jempol daaah!!!

    BalasHapus
  6. ternyata Cengkeh bukan hanya untuk Hiasan Kue dan campuran rokok bisa Ta[i Juga Bermanfaat Untuk obat sakit Gigi

    mamapir ya Ke http://pondokibu.com/

    BalasHapus
  7. ternyata cengkeh banyak manfaatnya juga yah hehehe

    BalasHapus
  8. Saya juga pernah mendengar kalau cengkeh dapat di buat bumbu masakan.

    Namun jujur Mas, saya belum pernah merasakannya.

    BalasHapus
  9. tapi di daerah ku cengkeh sudah jarang di temui

    BalasHapus
  10. bukan hanya cengkeh tapi daun kering yang berjatuhan bisa dibuat minyak atsiri

    BalasHapus
  11. Saya biasa mengunyah cengkeh kering, kalo sdh timbul rasa getir dan pahit saya tambahkan makanan apa aja spy getirnya hilang, ternyata cengkeh bisa bikin addicted

    BalasHapus
  12. sayapun punya cerita sendiri dengan cengkeh dan sakit gigi. bisa cek di blog ane. sangat ampuh

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...