Senin, 08 Juli 2013

Beberapa Manfaat Konsumsi Daging

komoditasindonesia.blogspot.com
DIBANDINGKAN dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, tingkat konsumsi daging di Indonesia masih lebih rendah. Indonesia baru mengkonsumsi rata-rata daging per kapita sekitar 2,2 kg/kapita/tahun. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa masyarakat Indonesia kurang dalam konsumsi daging ini. Bisa karena mitos, ekonomi dan gaya hidup. Faktor utama sepertinya ekonomi, baik karena harga daging yang mahal maupun karena daya beli yang rendah.

Padahal daging mempunyai peran yang penting dalam asupan gizi masyarakat, terutama dalam pemenuhan protein. Anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, cenderung pertumbuhannya lebih pendek jika kekurangan protein. Setidaknya, daging mempunyai beberapa manfaat (kompas.com):

Pertama, sumber protein. Daging mengandung protein dalam jumlah besar sehingga bahan pangan ini termasuk penting. Protein sangat penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan, produksi antibodi serta menguatkan sistem imun tubuh sehingga kita tak mudah sakit. Yang paling penting adalah daging mengandung asam amino esensial, karena itu daging boleh dibilang sebagai sumber protein terbaik.

Kedua, sumber mineral. Dari berbagai zat gizi yang terkandung dalam daging, kandungan zat besi, zinc, juga seleniumnya tak boleh disepelekan. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sementara itu zinc membantu pembentukan jaringan dan metabolisme. Selenium sendiri berperan dalam memecah lemak dan zat-zat kimia dalam tubuh.

Ketiga, kaya vitamin. Kita bisa mendapatkan vitamin A, B, dan D dalam daging. Vitamin tersebut bukan cuma menyehatkan penglihatan tetapi juga menguatkan gigi, tulang, serta menyokong sistem saraf. Manfaat lain dari konsumsi daging adalah menjaga kesehatan kulit dan mental.


Tulisan terkait:
Membudayakan Konsumsi Telur

4 komentar:

  1. manfaatnya memang banyak, tapi menjelang puasa seperti ini harganya juga melonjak banyak hehehe

    BalasHapus
  2. Waah..., bermanfaat sekali ya, Mas. Tapi, saya jarang sekali makan daging; apalagi daging ayam. Kecuali jika ayam kampung, apalagi yang masak ibuk nJombang, nambah pengennya kalo ini. Seringnya sayur-mayur, hehe....

    BalasHapus
  3. Makan daging memang bagus, tapi di jaman sekarang daging yang sehat sudah sulit di dapatkan, karena ternak yang sekarang lebih banyak mengkonsumsi zat kimia, kotoran, dsbnya. jadi gizi nya ada tapi kalah dengan racun yang dihasilkannya.
    jadi lebih baik bervegetarian.
    vegetarian lebih sehat dan cakupan gizinya juga sdh sangat memadai. go VG! Go Green!

    BalasHapus
  4. Daging harganya makin mencekik mas. Kalo anak2 .. iya sih, mereka butuh daging. Kalo saya sendiri, sudah tidak mengkonsumsi daging, takut bahaya penyakit yang bisa ditimbulkannya :)

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...