Kamis, 21 Maret 2013

Model-Model Kuantitatif Untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah

SALAH satu tuntutan reformasi yang bergulir sejak tahun 1998 dengan ditandai runtuhnya rezim orde baru adalah kebijakan otonomi daerah yang dituangkan pertama kali dalam UU No. 22 dan 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah. Kebijakan ini tentu saja membawa “berkah” bagi daerah karena segala wewenang yang terkait dengan alokasi sumberdaya maupun pelayanan publik bisa langsung dilaksanakan di daerah. Namun, ternyata pelaksanaan kebijakan itu tak “mulus” seperti yang diangankan sebelumnya. Di sana-sini masih banyak “lubang-lubang” persoalan yang seringkali mengganggu dan menyebabkan tidak optimalnya pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah.

Salah satu lubang persoalan dalam aplikasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah adalah masih terbatasnya dan masih rendahnya kapasitas para perencana pembangunan di daerah, baik dari segi jumlah maupun dari segi profesionalisme. Hal ini tentu saja berpotensi menimbulkan ketidakefisienan, ketidakefektifan dan ketidakoptimalan pemanfaatan sumber daya yang tersedia bagi pembangunan di daerah.

Dalam rangka untuk “menutup” lubang persoalan itulah, buku ini hadir dengan pendekatan model-model kuantitatif dan scientific yang seringkali digunakan dalam perencanaan pembangunan ekonomi daerah untuk meningkatkan kualitas dari pembangunan ekonomi daerah itu sendiri. Buku dengan delapan bab pembahasan ini lebih banyak aplikasinya dibanding teori-teorinya.

Tiga bab pertama mengetengahkan teori-teori umum perencanaan pembangunan. Diawali dengan konsep dasar peencanaan pembanguanan daerah, konsep daya saing dan pengembangan wilayah, teknik identifikasi potensi dan komoditas unggulan, sampai dengan model-model perencananan investasi regional.

Kemudian 5 bab terakhir lebih mengetengahkan aplikasi dan contoh-contoh kuantitatif yang membahas penggunaan berbagai metode kuantitatif antara lain dari yang paling sederhana semacam Location Quotient, Shift Share dan Incremental Capital Output Ratio, hingga yang lebih rumit seperti Analisis Input-Output, Social Accounting Matrix, regresi sederhana dan regresi lanjutan.

Selain itu, buku ini tidak hanya membahas konsep dasar pemahaman berbagai metode kuantitatif tersebut tetapi juga dilengkapi dengan aplikasinya dalam proses perencanaan pembangunan ekonomi daerah. Aplikasi yang disajikan dalam buku ini benar-benar contoh kasus dari dunia nyata. Tidak kalah penting, buku ini juga menguraikan beberapa piranti lunak (software) E-views, LISREL, Analysis I-O for Practitioners (AIOP) dan MATS yang dapat digunakan untuk keperluan berbagai analisis dalam studi-studi empiris.

Buku ini jelas merupakan sumbangan yang sangat berharga untuk semakin meningkatkan kemampuan sumber daya manusi (SDM) di daerah maupun pusat dalam menerapkan otonomi daerah atau perencanaan pembangunan secara umum.

Tidak mudah menulis buku yang menarik dalam bidang metode kuantitatif, sebagaimana tidak mudahnya membuat mahasiswa dan/atau masyarakat umum, terutama pengambil kebijakan, untuk tertarik dan antusias dalam mempelajari  materi seperti ini. 

Namun demikian, buku ini tetap dan sangat layak serta cocok dijadikan acuan dasar para pengambil kebijakan pembanguan ataupun praktisi perencana pembangunan ekonomi di daerah.

Selain itu, bagi kalangan mahasiswa atau pun kalangan akademis, khususnya penggiat ilmu-ilmu ekonomi, buku ini juga bisa menjadi salah satu buku teks ataupun referensi dalam membuat karya tulis ilmiah yang terkait dengan perencanaan pembangunan ekonomi daerah. Bukan saja karena konsep-konsep yang ditawarkan yang mudah dipahami, tetapi juga karena contoh-contoh yang dikemukakan sangat jelas dan aplikatif.

Judul: Model-model Kuantitatif untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah: Konsep dan Aplikasi
Penulis: Arief Daryanto dan Yundy Hafizrianda
Penerbit: IPB Press
Cetakan: I, Juni 2010
Tebal: xxi + 352 Halaman

Tulisan terkait:

Membongkar Akar Krisis Indonesia
Menyeruput Buku Kopi Seduhan Seorang Kawan
Download Materi Makroekonomi oleh Gregory Mankiw

2 komentar:

  1. Thank you ..materi yang sangat membantu saya..

    BalasHapus
  2. harga bukunya berapa, kira-kira ttersedia di banyak toko buku ngga...

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...