Rabu, 08 April 2009

Mengapa NgeBlog?

AWALNYA saya bingung harus menjawab bagaimana pertanyaan seperti judul postingan ini. Sebagai pendatang baru, meskipun sudah mengenal sejak hampir 5 tahun lalu, saya tak terlalu berpikir apa manfaat blog buat saya atau orang lain. Waktu itu saya menganggap bahwa aktivitas ngeblog hanya sekadar untuk mengisi waktu luang saja di tengah-tengah pencarian literatur-literatur di dunia maya. Sejak mengenal internet di akhir tahun 1990-an, saya hanya memanfaatkan untuk mencari literatur, kirim email dan chatting. Namun untuk chatting, sejak awal tahun 2000-an saya sudah tak pernah melakukannya, meskipun di awal-awal memasuki ”dunia lain” ini saya sempat hampir-hampir kecanduan chatting.

Lalu mengapa sekarang saya ngeblog? Apakah saya juga kecanduan blog? Tidak juga. Sampai saat ini saya belum merasa kecanduan dengan blog. Meskipun terkadang berjam-jam memelototi laptop, itu tak melulu ngeblog. Ngeblog hanya sekadarnya saja, saya usahakan se-proporsional mungkin sesuai dengan situasi dan kondisi. Namun begitu, tentunya saya juga punya beberapa alasan mengapa saya ngeblog, ngeblog dengan segala keterbatasan tentunya. Lha wong saya tak terlalu mengerti bahasa html atau java (kecuali java language dengan logat nJombangan yang medok), apalagi bahasa tulis yang baik dan benar.

Inilah beberapa alasan saya ngeblog, pertama, saya pernah menulis alasan utama saya kenapa ngeblog. Ini bisa dilihat pada postingan sebelumnya di sini.

Kedua, sesuai dengan header dari blog saya ini: “…..sekadar catatan untuk melepas penat disela-sela mencangkul di tengah ladang sambil menikmati hembusan angin di siang hari, nyanyian burung-burung, lenguhan kerbau, hamparan langit biru, gemericik air pancuran, hijaunya dedaunan, aroma keringat, sengatan matahari, belalang-belalang yang lalu-lalang berlompatan, dan tentu saja secangkir kopi pahit dan sepotong singkong rebus…..”.

Ketiga, saya ingin ”membenarkan” perkataan Kanjeng Raden Tumenggung Roy Suryo dan Ahmad Dhani, pentolan band Dewa, yang intinya bahwa orang yang ngeblog dan membaca blog adalah orang-orang goblok. Setidaknya bila perkataan itu ditujukan kepada saya, saya tak akan sewot apalagi marah. Perkataan beliau-beliau yang ”pakar” dan ”pintar” ini memang benar adanya, karena saya memang benar-benar masih goblok, hanya mampu ngeblog, yang gratisan pula!

Keempat, sekadar berbagi informasi dengan sesama blogger atau pembaca blog. Setidaknya dengan cara begitu, otak saya yang otak telo ini (kata orang tua di Jawa, istilah otak telo atau otak ketela adalah otak dengan IQ jongkok akibat terlalu sering makan ketela) bisa mendapat siraman informasi dan tak terlalu cepat mbuki (berjamur) dan basi.

Kelima, mencari keberuntungan untuk bisa menjalin tali silahturahmi dengan kawan-kawan baru ataupun kawan-kawan lama. Dengan kawan-kawan baru saya bisa ”mencangkuli” pengalaman-pengalaman baru yang yang unik-unik dan tak terduga.

Sementara itu dengan kawan-kawan lama (kawan sekolah, kawan masa kecil, kawan kuliah, kawan kursus, kawan cangkrukan, kawan mbambung, kawan ludrukan, dan kawan-kawan lainnya) bisa terus menjalin komunikasi meskipun saling berjauhan tempat tinggalnya. Ada seorang blogger yang berada di belahan bumi lain yang ternyata dia adalah tetangga di kampung yang jarak rumah kami tak lebih dari 10 meter, bisa saya temukan lewat dunia maya. Padahal, kami sudah lama tak berjumpa dan sudah sejak lama pula meninggalkan kampung halaman untuk menyambung hidup dan tinggal di belahan bumi lain. Sementara belum tentu setiap kali mudik kami bertemu, sebab seringkali waktu mudiknya tak bersamaan.

Untuk sementara itu saja alasan saya ngeblog. Alasan yang sangat sederhana karena saya tidak punya alasan-alasan lain yang lebih hebat, misal ngeblog untuk mempengaruhi atau memprovokasi orang lain. Itu terlalu jauh meskipun itu juga memungkinkan. Entah untuk kedepannya, saya tak tahu. Wallahualam!

6 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUUUM
    alasan ngeblognya buuuanyak banget ya... dan terperinci!
    pinter!!!
    top!!!

    BalasHapus
  2. sama dengan elsa
    keliatan cantik sih
    hidup elsa!

    BalasHapus
  3. alesan ngeblog macem2 ya mas,asal positif sajalah....membangun persaudaraan dgn kebersamaan

    BalasHapus
  4. aku suka blog ini. bner... emg klo wtu cm dbuang buat jjring ssial n chat kyaknya krg brmnfaat lbh baik ngeblog.
    Kesehatan Ibu dan Anak

    BalasHapus
  5. ya ngeblog itu kan menyalurkan hoby, gan yaitu hoby nulis tapi jangan pakai bahasa inggris agar tidak " go blog" seperti kata Tumenggung Roy Suryo dan Ahmad Dhani,

    salam kenal

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...