Selasa, 19 Januari 2016

Poligami dalam Ilmu Ekonomi

GEGARA beberapa tulisan sebelumnya yang mengaitkan ilmu ekonomi dengan hal-hal di luar ekonomi, seperti tulisan "Jomblo dan Kegagalan Pasar", "Fluktuasi Ekonomi dan Fluktuasi Hati", dan lainnya, saya "diserang" dengan beberapa pertanyaan sejenis oleh beberapa kawan. Padahal tulisan itu hanya untuk fun-fun saja, tulisan yang tidak ilmiah. Kalau sesuai dengan teori ekonomi, itu hanya suatu kebetulan belaka. Dan yang terakhir ini ada pertanyaan yang tak kalah rumit. Bisakah perilaku poligami itu dianalisis dengan ilmu ekonomi?

Sabtu, 16 Januari 2016

Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal

Sumber: freshpeel.com
DALAM ilmu ekonomi mikro, pembahasan perilaku konsumen menjadi bagian terpenting dan utama. Secara umum perilaku konsumen dapat dianalisis dengan dua pendekatan, yaitu melalui pendekatan nilai guna (kardinal) dan pendekatan kurva kepuasan sama atau indefference curve (ordinal). Pendekatan kardinal adalah pendekatan yang bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan setiap konsumen bisa diukur dengan satuan  uang atau satuan lain (utilitas yang bersifat kardinal).

Rabu, 13 Januari 2016

Cara Sederhana Membuat Keripik Biji Durian

sumber: daunijo.com
CARA membuat keripik biji durian sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara membuat keripik dari bahan yang sudah umum, misal ketela atau pisang. Namun demikian masih jarang orang membuat keripik durian ini karena salah satu alasannya adalah bahan baku utamanya gampang-gampang susah dicarinya. Selain itu, karena bahan bakunya merupakan sisa orang makan durian sehingga terkesan menjijikan untuk diolah lebih lanjut. Padahal, biji durian ini mengandung karbohidrat dan pati yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi bahan pangan alternatif. Selain diolah menjadi keripik, biji durian juga bisa diolah secara lebih sederhana, yaitu direbus biasa dan langsung bisa dikonsumsi.

Minggu, 10 Januari 2016

Potensi Ekonomi Biji Durian

Gambar: tempo.co.id
SAAT ini beberapa daerah di Indonesia, khususnya di kampung halaman saya, telah tiba musim durian. Hampir sepanjang jalan dengan mudah ditemui penjual durian dengan beragam jenisnya. Dan pada musim durian seperti saat ini, selain kulit durian, yang banyak ditemui sebagai limbah adalah biji durian yang dibuang begitu saja. Hanya sedikit orang-orang memanfaatkan bijinya ini sebagai bibit atau untuk ditanam kembali tetapi persentasenya sangat kecil dan yang diambil yang terbaik saja. 

Selasa, 05 Januari 2016

Martabak dan Kicauan Bu Dosen

Sumber: bogordirect.com
KALAU menulis atau menyebut martabak, maka ingatan saya adalah Kota Bogor, salah satu tempat saya belajar “mencangkul”. Mengapa? Karena di kota inilah, saya tidak hanya pernah, tetapi seringkali menikmati penganan “martabak”. Dan salah satu tempat yang sangat terkenal di Kota Hujan kala itu adalah Martabak Air Mancur, karena lokasinya dekat taman air mancur. Betapa tidak, saking terkenal dan larisnya, antrian pembeli nyaris tak pernah berhenti meskipun pada hari biasa. Beragam varian martabak dijual di sini. Mulai dari martabak manis sampai martabak telur dengan berbagai “aksesoris”-nya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...