Rabu, 13 Januari 2016

Cara Sederhana Membuat Keripik Biji Durian

sumber: daunijo.com
CARA membuat keripik biji durian sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara membuat keripik dari bahan yang sudah umum, misal ketela atau pisang. Namun demikian masih jarang orang membuat keripik durian ini karena salah satu alasannya adalah bahan baku utamanya gampang-gampang susah dicarinya. Selain itu, karena bahan bakunya merupakan sisa orang makan durian sehingga terkesan menjijikan untuk diolah lebih lanjut. Padahal, biji durian ini mengandung karbohidrat dan pati yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi bahan pangan alternatif. Selain diolah menjadi keripik, biji durian juga bisa diolah secara lebih sederhana, yaitu direbus biasa dan langsung bisa dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara membuat keripik biji durian? Sederhana saja. Untuk 1 kg biji durian maka bahan pendamping lain yang diperlukan adalah air 25 mil kunyit, kapur sirih 150 gram, bawang putih 25 gram, kemiri 5 gram, air bersih sekitar 2 liter, dan minyak goreng sekitar ¼ liter.

Biji durian yang dipersiapkan harus dicuci bersih dengan dibilas berkali-kali atau dengan air mengalir sehingga lendir sisa daging buah benar-benar hilang tercuci. Setelah itu kita rajang atau iris dengan ketebalan 1 mm (menyesuaikan). Irisan biji durian kita cuci ulang dengan air mengalir sebelum kita rendam dalam campuran air kapur sirih dan air kunyit selamat 30 menit.  

Untuk menghilangkan aroma kunyit dan kapur sirih, hasil rendaman tersebut kita cuci lagi dengan air bersih dan ditiriskan. Irisan biji durian ini kemudian kita rendam lagi ke dalam bumbu yang terdiri atas bawang putih, garam, dan kemiri yang dihaluskan dan ditambah air secukupnya. Perendaman kira-kira 10 menit agar bumbunya meresap. Kemudian goreng sampai kering dengan ditandai warna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Keripik biji durian siap dikemas atau langsung disajikan.  

Demikianlah cara membuat keripik biji durian ini. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...