Sabtu, 31 Oktober 2015

Ludruk Kartolo yang Melegenda

MENDENGARKAN Ludruk Kartolo? Ya, beberapa waktu yang lalu iseng-iseng di tengah malam saya mengaktifkan radio di handphone. Setelah secara acak mencari frekwensi radio yang paling “bening”, munculah suara dari salah satu stasiun radio FM di Jombang yang dengan jernih menyiarkan acara Ludruk Kartolo. Saya pun mengikuti acara ini sambil “ngalong” di depan komputer. Sesungguhnya saya juga menyimpan sekitar 70 judul Ludruk Kartolo dalam format MP3. Namun, entah mengapa malam itu saya tertarik mendengar suara khas Kartolo cs. dari radio. Dibenak saya, ternyata Ludruk Kartolo masih ada yang mengapresiasi dan sangat melegenda. Pun demikian beberapa waktu sebelumnya saya juga sempat mendengar siaran Ludruk Kartolo di salah satu radio FM di Kota Malang. 

Rabu, 28 Oktober 2015

Membangun Ekonomi Mikro dengan Microfinance

MEMBACA buku ini kita tak akan mengira bahwa buku ini merupakan “permak” dari disertasi penulis. Kenapa? Buku ini merupakan pengembangan disertasi yang berdasarkan hasil diskusinya dalam forum-forum internasional yang pernah diikuti penulisnya. Lokus dan fokusnya adalah terkait dengan usaha  mikro yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia yang jumlahnya mencapai sekitar 40 juta orang yang jika dihitung bersama dengan anggota keluarganya yang dihidupi bisa lebih dari 150 juta orang.

Rabu, 21 Oktober 2015

Mengenal Kopi Ekselsa Wonosalam

SELAMA ini kawasan pegunungan di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Belum ada catatan yang pasti berapa jumlah kopi yang dihasilkan dari Wonosalam. Begitu juga dengan sejarah mulai adanya tanaman kopi di Wonosalam. Namun, kalau kita menengok buku Java a Traveler’s Anthology menyebutkan bahwa pada tahun 1861 seorang naturalis asal Inggris, Alfred Russel Wallace, pernah berkelana sampai ke Jombang dan kemudian berkelana mengunjungi kebun kopi di Wonosalam dan mengumpulkan spesimen ayam hutan dan burung, terutama burung merak.

Sabtu, 17 Oktober 2015

Koran Sabtu dan Lowongan Kerja Terbaru

KALAU kita cermati, koran yang terbit di hari sabtu (dan minggu) agak berbeda dengan terbitan lima hari lainnya. Salah satu yang membedakan adalah banyaknya iklan lowongan kerja terbaru yang ditampilkan. Bahkan beberapa koran memberikan halaman tambahan atau suplemen dan space khusus yang berisi artikel yang terkait dengan dunia kerja. Meskipun di dunia maya informasi lowongan kerja sangat banyak dan mudah diakses, tetapi sampai saat ini iklan lowongan kerja di koran masih eksis dan menjadi favorit para pencari kerja.

Minggu, 04 Oktober 2015

Museum Bikon Blewut: Dari Ledalero Melihat Flores

PADA siang yang terik di pertengahan bulan november, menjelang pukul 12.00 WITA saya “berziarah” mendatangi kampus Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Ledalero di pinggiran kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kampus ini merupakan kampus tertua, berdiri sejak tahun 1936. Tujuan saya bukan untuk mengunjungi kampusnya, namun secara khusus adalah berkunjung ke museum Bikon Blewut yang berada di area kampus STF Ledalero.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...