Sabtu, 17 Oktober 2015

Koran Sabtu dan Lowongan Kerja Terbaru

KALAU kita cermati, koran yang terbit di hari sabtu (dan minggu) agak berbeda dengan terbitan lima hari lainnya. Salah satu yang membedakan adalah banyaknya iklan lowongan kerja terbaru yang ditampilkan. Bahkan beberapa koran memberikan halaman tambahan atau suplemen dan space khusus yang berisi artikel yang terkait dengan dunia kerja. Meskipun di dunia maya informasi lowongan kerja sangat banyak dan mudah diakses, tetapi sampai saat ini iklan lowongan kerja di koran masih eksis dan menjadi favorit para pencari kerja.

Ada beragam jenis pekerjaan yang ditawarkan. Dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar, perusahaan nasional dan perusahaan-perusahaan asing ataupun multinasional. Untuk membedakan mana perusahaan besar dan mana perusahaan kecil, biasanya bisa dilihat dari ukuran iklannya. Umumnya perusahaan-perusahaan besar dan bonafide akan memasang iklan lowongan kerja terbaru  dengan ukuran yang besar, tidak sekadar iklan baris. Tentu saja ini terkait dengan biaya iklan yang digunakan. Semakin besar ukuran iklan dan berada pada halaman “strategis”, maka semakin mahal pula biaya iklannya.

Selain itu, perusahaan-perusahaan besar biasanya menampilkan dengan detail syarat atau kualifikasi untuk pelamar kerja. Demikian juga dengan job deskripsinya, dijelaskan dengan terperinci sehingga para pecari kerja dengan mudah menyesuaikan dengan perusahaan yang sesuai dengan kualifikasinya. Dan tak jarang perusahaan-perusahaan besar dan terutama multinasional, iklan lowongan kerjanya menggunakan bahasa inggris. Ini yang harus diantisipasi oleh calon pelamar atau pencari kerja. Secara otomatis perusahaan mensyaratkan penguasaan bahasa inggris bagi calon pekerjannya.

Koran iklan lowongan kerja terbaru yang terbit setiap sabtu, meskipun hari-hari biasa juga terbit dengan menampilkan iklan lowongan kerja terbaru, bisa menjadi jembatan antara pengusaha dan para pencari pekerja baru maupun para pekerja yang mungkin ingin mencari lowongan kerja yang lebih sesuai dan menjanjikan. Karena informasi yang kurang seringkali antara pengusaha kesulitan mencari pekerja yang kualified, begitu juga sebaliknya. Banyak pencari kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Namun demikian, sebagai calon pelamar, kita harus tetap waspada dan hati-hati dalam memilih perusahaan yang menjadi incaran. Jangan sampai usaha kita berburu lowongan kerja justru menjadi malapetaka bagi kita. Tak sedikit iklan lowongan kerja dilakukan oleh perusahaan abal-abal dan tak sesuai dengan yang diiklankan.

2 komentar:

  1. Aku udah jarang banget baca koran.. Dulu waktu masih SMP baru deh, hampir tiap hari baca koran :D

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...