Minggu, 27 April 2014

Siapkah Indonesia Menghadapi AFTA 2015?

Sumber: jakarta.go.id
TAHUN depan perekonomian Indonesia akan dihadapkan pada integrasi ekonomi kawasan ASEAN (AFTA). Disamping adanya integrasi tersebut, pada saat ini pun Indonesia juga dihadapkan pada kenyataan adanya kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi, transportasi, dan komunikasi. Faktor-faktor inilah yang mengantar Indonesia pada proses globalisasi ekonomi yang dari tahun ke tahun semakin banyak melibatkan negara-negara lain, baik negara-negara maju maupun negara-negara berkembang, baik di kawasan ASEAN maupun kawasan yang lebih luas, semacam APEC dan WTO.

Kamis, 24 April 2014

Menjadi Pasukan Nasi Bungkus, Mengapa Tidak?

Sumber: nasi-bungkus.com
NASI Bungkus! Ya, beberapa hari terakhir ini sepertinya nama nasi bungkus sedang naik daun. Bukan karena terbungkus dengan daun pisang atau daun jati yang tentunya akan memberikan sensasi luar biasa pada rasa dan aromanya, atau karena harganya yang beberapa kali ikutan-ikutan naik akibat kenaikan bahan-bahan lain (cabai, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya), tetapi lebih karena adanya puisi yang nyindir dengan nyinyir yang dibuat oleh tokoh (katanya) sebuah gerombolan atau partai politik.

Senin, 21 April 2014

Jengkol, Komoditas Eksotis dan Kaya Gizi

Semur Jengkol (Foto: bango.co.id)
DALAM sebuah afternoon classes ada sebuah pertanyaan tak terduga dan sangat menggelitik, setidaknya bagi saya, yang dilontarkan seseorang: "Jengkol itu dibuat dari bahan apa?". Sekali lagi, bagi saya ini tentu pertanyaan yang menggelitik. Dalam benak saya, ternyata tak semua orang (muda) saat ini mengenal komoditas jengkol. Padahal, tahun lalu jengkol menghiasi media massa akibat harganya melangit dan bersama komoditas petai menyumbang 0.02 persen terhadap besaran inflasi. Sebuah fenomena ekonomi yang "tidak elit", "tidak bonafid", inflasi yang disebabkan oleh komoditas yang selama ini sering kita pandang sebelah mata (inferior).

Kamis, 17 April 2014

Geliat Perkembangan Bisnis Online

DEWASA ini perkembangan bisnis online, seperti toko online atau pun e-commerce di Indonesia begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi (internet) dan juga penggunanya. Menurut data Frost & Sullivan, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai rata-rata 17 persen per tahunnya. Sementara menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 28 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...