Kamis, 26 September 2013

“Audit” Cinta ala Sang Pencari Cahaya

SEKITAR pertengahan bulan puasa lalu, saya mendapat pesan di inbox facebook dari seorang kawan senior di blog keroyokan (kompasiana.com). Kawan senior saya ini adalah penulis buku "Sang Pencari Cahaya", yang meminta alamat saya untuk kemudian dikirimi sebuah buku hasil karya tulis beliau. Saya pun segera merespon dengan memberikan alamat lengkap. Beliau meninggalkan pesan bahwa bukunya akan dikirim pasca lebaran. Dan benar saja, sekitar 10 hari selepas lebaran, saya mendapat kiriman paket sebuah buku dengan warna sampul dominan merah tua.

Sabtu, 21 September 2013

Lantana Camara, Pesona Bunga Pagar yang Bernilai Ekonomi

Kembang Waung atau Lantana Camara
SAYA mengetahui nama keren dari bunga ini baru beberapa hari terakhir. Namun demikian, bunga itu cukup akrab dan familiar dengan kehidupan saya sejak kecil. Buah atau bijinya yang masih muda biasa saya pakai sebagai peluru untuk mainan perang-perangan dengan senjata (bedil) yang  terbuat dari ranting bambu dengan diameter seukuran jari-jari tangan orang dewasa. Atau senjatanya berupa bambu wuluh, dan untuk menembaknya, bji-biji dari tanaman ini di masukan mulut sebelum disemburkan lewat bambu wuluh.

Minggu, 15 September 2013

Di Bawah Naungan Pohon Cengkeh

CENGKEH! Begitulah nama pohon yang mayoritas tumbuh di kampung halaman saya. Pohon-pohon yang begitu akrab dengan diri saya, yang tumbuh mengiringi pertumbuhan saya, yang sebagian besar usianya lebih tua dari usia saya. Betapa tidak, pohon ini dibudidayakan serentak setelah pada pertengahan tahun 1970-an banyak pendatang yang “menguasai” lahan-lahan di kampung halaman.

Senin, 02 September 2013

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh

Bunga Cengkeh (Foto: Dok. Pribadi)
CENGKEH adalah salah satu jenis rempah yang populer di Indonesia. Bahkan pernah menjadi komoditas "emas" dan membuat bangsa-bangsa Eropa tertarik mendapatkannya. Ini karena manfaatnya bukan saja sebagai bahan rokok kretek, tetapi juga digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu masakan. Di negara-negara Eropa, cengkeh dijadikan bumbu masakan terutama untuk masakan-masakan yang pedas. Selain sebagai bahan pembuatan rokok kretek dan penyedap rasa, cengkeh juga bisa dijadikan bahan obat, salah satunya untuk mengobati sakit gigi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...