Sabtu, 27 Juli 2013

Menulis Sosok Bersama Sosok Jurnalis

MENULIS sosok itu ternyata perlu riset dan perjuangan yang berdarah-darah! Begitulah kesan pertama saya membaca buku ini. Betapa tidak, untuk menulis sosok dari seseorang ternyata tak cukup hanya wawancara sekali, tetapi bisa berkali-kali bahkan jauh-jauh hari juga perlu di-setting. Selain itu juga dibutuhkan kajian-kajian pustaka yang tak kalah melelahkan yang terkait dengan target yang akan dituliskan.

Jumat, 26 Juli 2013

Info Penting: Cara Mudah dan Murah Promosi Blog

APAKAH Anda sudah membuat blog atau website dan mengisinya dengan konten yang menarik dan kaya manfaat? Dan apakah pengunjungnya ramai sesuai dengan keinginan Anda? Atau masih sepi sesepi lautan tanpa ikan atau langit tanpa bintang? Kalau memang demikian, sepertinya sia-sia sudah usaha Anda sebagai seorang blogger. Namun, kini tak perlu kawatir, ada sejuta cara untuk mengatasi hal tersebut.

Rabu, 24 Juli 2013

Kembangkan Sektor Pertanian

Sumber: koran-jakarta.com
SELAMA bulan Ramadan ini, masyarakat masih saja dihadapkan pada harga-harga kebutuhan pokok yang tinggi. Tampaknya, harga yang sudah tinggi itu pun masih akan naik.

Rentetan melambungnya harga kebutuhan pokok, terutama pangan, pada tahun 2013 ini sangat menghebohkan perekonomian. Diawali dengan kenaikan harga daging, kemudian harga bawang merah, bawang putih, cabai, bahkan disusul kemudian dengan kenaikan harga jengkol dan petai. Kemudian, di akhir bulan Juni, ditambah lagi dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Puncaknya terakumulasi pada beberapa hari menjelang Lebaran.

Senin, 22 Juli 2013

Fathonah dan Sapinya

Sumber: beritadaerah.com
PAGI itu di kampung dibuat geger oleh segerombolan sapi. Sapi-sapi yang jumlahnya belasan itu lepas dari kandangnya dan mengamuk memporak-porandakan apa saja yang dilewati. Yang paling parah adalah ladang bawang dan cabai di desa yang hampir panen, hancur terinjak-injak sapi. Akibatnya, pemilik ladang marah-marah dan mencari tahu, sapi siapakah yang lepas dan memporak-porandakan tanamannya itu.

Senin, 08 Juli 2013

Beberapa Manfaat Konsumsi Daging

komoditasindonesia.blogspot.com
DIBANDINGKAN dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia, tingkat konsumsi daging di Indonesia masih lebih rendah. Indonesia baru mengkonsumsi rata-rata daging per kapita sekitar 2,2 kg/kapita/tahun. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa masyarakat Indonesia kurang dalam konsumsi daging ini. Bisa karena mitos, ekonomi dan gaya hidup. Faktor utama sepertinya ekonomi, baik karena harga daging yang mahal maupun karena daya beli yang rendah.

Sabtu, 06 Juli 2013

Kafe de Pans Pancake and Waffle, Terdepan di Kota Malang

PERNAH melewati Jl. Simpang Balapan di Kota Malang? Kalau Anda pernah melewati jalan ini, saya yakin Anda tahu sebuah café yang saya tuliskan sebagai judul dari postingan kali ini. Ya, café de' Pans Pancake and Waffle, sebuah café yang “tampil beda” yang ada di Kota Malang. Café yang menawarkan ‘kesunyian’ ditengah ramainya suasana Kota Malang sekaligus menawarkan kenyamanan dan sedikit kisah masa lalu. 

Jumat, 05 Juli 2013

Yang Maha Sapi

Sumber: maringartun.blogspot.com
SAPI! Ya, sejak awal tahun 2013 ini binatang ternak yang bernama sapi begitu mengindonesia, mencuat ke permukaan. Tidak saja harga dagingnya yang menendang sehingga banyak masyarakat kelas menengah ke bawah terlempar tak mampu membelinya. Demikian juga akibat “cinta”-nya dikhianati dan dipermainkan oleh sebagian manusia, ia marah, ngamuk, dan menyeruduk siapa saja yang mempermainkannya, bahkan sampai memporakporandakan struktur gerombolan hingga “nylentik” seorang presidennya sampai terlempar ke penjara.

Kamis, 04 Juli 2013

Tentang (Bukan) Puisi: Senja di Sebuah Stasiun

DULU, pada bulan Desember 2002 saya pernah membuat sebuah catatan, yang kata kawan saya, catatan itu adalah sebuah puisi. Tetapi saya membantah kalau catatan itu adalah puisi. Itu bukan puisi. Dan, eyel-eyelan pun tak terhindarkan, meskipun akhirnya saya mengalah, mempersilahkan kepadanya untuk mengkategorikan catatatan saya itu. Yang penting bagi saya bahwa catatan itu biasa saja, bukan puisi, bukan catatan yang romantis dan mendayu-dayu.

Rabu, 03 Juli 2013

Ulang Tahun Kakek

"KONTES!!!" gumam kakek memikirkan acara yang akan digelar dalam rangka ulang tahunnya yang ke 63.

“Kita bikin kontes unggulan 63 buat blogger saja, Bu”.

“Kenapa harus kontes?” tanya nenek.

Selasa, 02 Juli 2013

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Kata

Sumber: michellerafter.com
SERINGKALI kalau kita menulis artikel atau opini, kata yang kita tulis disyaratkan dengan jumlah tertentu. Misalnya minimal 300 kata, atau ketika menulis artikel opini di koran biasanya mensyaratkan jumlah kata sebanyak 750 sampai 850. Tentu kalau kita tidak “akrab” dengan komputer, untuk menentukan banyaknya jumlah kata tersebut mungkin kita akan menghitungnya secara manual, yang tentu saja akan merpotkan dan belum tentu akurat. Hal seperti itu juga pernah saya lakukan belasan tahun yang lalu ketika baru mengenal komputer. Nah, bagaimana sesungguhnya cara yang mudah untuk menghitung jumlah kata yang telah kita ketik atau tulis?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...