Sabtu, 29 Juni 2013

Enjoy Journey, Enjoy Culinary, With Elsa's Yellow Bogger

PERTAMA kali berkunjung ke blog ini adalah ketika shohiblog (shohibul blog), Mbak Elsa, meninggalkan jejak komentarnya di salah satu artikel pada blog saya. Dengan identitas orang Jombang, tentu “pertemuan” sesama orang Jombang menjadi sesuatu yang spesial dan menarik bagi saya. Apalagi ketika itu saya tidak berada di Jombang, tetapi berada jauh di luar pulau. Dan lagi, sekitar lebih dari lima tahun yang lalu, sepertinya di Jombang jumlah blogger masih bisa dihitung dengan jari. Atau mungkin karena saya yang kuper dan kurang begitu intensif blog walking sehingga hanya beberapa blogger saja yang saya kenal.

Selasa, 25 Juni 2013

Menulis di Media Massa Cetak, Mengapa Tidak?

SUATU ketika saya ditanya seorang kawan, mengapa harus menulis di media massa (cetak)? Sebenarnya saya malu dan tak percaya diri untuk menjawabnya. Tak terlalu percaya diri karena jumlah tulisan saya yang sempat dimuat di media massa cetak jumlahnya belum sampai ratusan, hanya puluhan saja. Dan ketika ditanya dengan pertanyaan “Mengapa harus menulis?”, sesungguhnya banyak alasan yang melatarbelakangi “mengapa menulis”, tanpa berlebihan memakai kata “harus”.

Senin, 10 Juni 2013

Ironi Ekonomi Jengkol

BELUM juga mereda kehebohan perekonomian kita akibat secara simultan ada guncangan harga daging, bawang merah dan bawang putih, sejak bulan lalu sampai bulan Juni ini tak disangka-sangka jengkol dan petai menjadi aktor utama yang mengguncang perekonomian kita. Betapa tidak, terutama di Jakarta dan sekitarnya, hingga bulan Juni ini keberadaan dua komoditas berbau menyengat ini sulit di dapat dan harganya pun naik berkali lipat.

Minggu, 09 Juni 2013

Raja Monolog dan Orkestra Sinten Remen, Siapa Suka?

Dok. Pribadi
AKHIRNYA malam kemarin saya bisa menikmati langsung penampilan Raja Monolog Indonesia, Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Gara-gara acara ini pula, acara mudik akhir pekan ke Jombang terpaksa tertunda hingga minggu pagi tadi. Memang terhitung cukup lama saya tak menonton langsung Butet Kartaredjasa, kecuali melihat penampilannya di televisi. Di tahun-tahun awal pasca reformasi atau tahun 2000, saya begitu menggandrungi monolog Butet ini. “Mayat Terhormat", itu salah satu monolog yang pernah ditampilkan dan masih membekas di memori saya. 

Rabu, 05 Juni 2013

Perhitungan Cepat Pilkada 2013 Kabupaten Jombang, Bagaimana Hasilnya?

PADA setiap perhelatan Pemilu/Pilkada, biasanya beberapa lembaga survei melakukan perhitungan cepat atau quick count. Selama ini hasil quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei independen hampir semuanya tepat. Artinya mendekati angka riil hasil perhitungan manual yang dilakukan oleh Komisi Pemilhan Umum (KPU). Lalu bagaimanakah caranya melakukan perhitungan cepat itu?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...