Jumat, 29 Maret 2013

Menanam Nilam, Menyulam Ekonomi Wonosalam

Tanaman nilam tumbuh di sela pohon kakao.
SEBENARNYA sejak beberapa tahun lalu, tanaman nilam ini menjadi alternatif destilasi bagi para pengusaha minyak atsiri di kawasan Wonosalam Jombang untuk diolah. Selain relatif cepat dalam budidaya, harga jualnya juga lebih tinggi dibanding dengan minyak atsiri cengkeh. Sayangnya, budidaya tanaman ini sekarang sudah ditinggalkan banyak petani. Entah mengapa, mungkin dianggap tak menguntungkan atau terlalu ribet, karena bersifat musiman. Atau karena para pengusaha sendiri, untuk bisa menghasilkan kualitas minyak yang baik, harus mengubah ketel destilasi dengan bahan stainlessteel yang tentu saja harganya lebih mahal dibanding dengan plat besi.

Selasa, 26 Maret 2013

Buku yang Tertunda Diterbitkan

SAMPAI saat ini saya memang belum menerbitkan (dengan sebenarnya) sebuah buku sekalipun.  Ada desakan dari beberapa kawan kepada saya untuk segera menerbitkan buku dari kumpulan beberapa artikel saya yang terserak di beberapa media cetak dan blog. Ada juga yang menyarankan saya untuk menerbitkan karya tulis yang saya buat kala belajar “mencangkul” dulu menjadi sebuah buku. Desakan tinggal desakan, hingga saat ini saya tetap saja belum mampu menerbitkan sebuah buku pun.

Minggu, 24 Maret 2013

Pecel Madiun, Presiden SBY pun Menikmati!

Pecel Madiun Depot 99
KALAU kita bicara tentang nasi pecel, maka yang terbayang oleh sebagian besar kita adalah kota Madiun di Jawa Timur. Ya, di kota inilah nasi pecel sudah menjadi trademark, menjadi ikon kota. Bahkan ada ungkapan bahwa jika kita ke Madiun, tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas dari kota ini, atau cerita travel ke Madiun hanya hoax belaka jika tak sempat makan nasi pecel sebagai kuliner khas kota yang sudah kondang di seantero negeri ini. Saking banyaknya penjual nasi pecel di Madiun, seolah-olah sejauh mata kita memandang dan setiap kita melempar pandangan ke penjuru kota, maka disitu akan terlihat penjual nasi pecel!

Kamis, 21 Maret 2013

Model-Model Kuantitatif Untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah

SALAH satu tuntutan reformasi yang bergulir sejak tahun 1998 dengan ditandai runtuhnya rezim orde baru adalah kebijakan otonomi daerah yang dituangkan pertama kali dalam UU No. 22 dan 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah. Kebijakan ini tentu saja membawa “berkah” bagi daerah karena segala wewenang yang terkait dengan alokasi sumberdaya maupun pelayanan publik bisa langsung dilaksanakan di daerah. Namun, ternyata pelaksanaan kebijakan itu tak “mulus” seperti yang diangankan sebelumnya. Di sana-sini masih banyak “lubang-lubang” persoalan yang seringkali mengganggu dan menyebabkan tidak optimalnya pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah.

Minggu, 17 Maret 2013

Membongkar Akar Krisis Indonesia

TAK ada yang menduga jika krisis ekonomi yang melanda kawasan Asia membuka kebobrokan perekonomian Indonesia, bahkan menjadi salah satu faktor yang menjatuhkan rezim Orde Baru yang telah berkuasa selama tiga dekade lebih. Satu dekade lalu mungkin kita masih menepuk dada ketika tingkat pertumbuhan Indonesia dianggap keajaiban. Tetapi mengapa prestasi ini tidak sustainable? Dimanakah letak kesalahan dan kerapuhan bangunan ekonomi orde baru, yang kini berbuntut panjang pada keterpurukan? Faktor-faktor apa saja yang turut berperan dalam perkembangan dan keruntuhan ekonomi orde baru?.

Rabu, 13 Maret 2013

Bawang Merah Bawang Putih, Kisah Klasik Ekonomi Indonesia

Sumber: regional.kompas.com
BAWANG merah dan bawang putih, ini adalah kisah legendaris yang mungkin pernah kita dengar waktu sekolah dasar dulu. Sementara dijaman serba elektronik seperti saat ini, kisah ini juga masih tetap eksis dalam bentuk tayangan sinema elektronik. Namun yang terkini, lebih heboh lagi, bawang merah dan bawang putih menjadi pemberitaan banyak media dan menjadi trending topic dalam perbincangan sehari-hari, baik oleh politikus maupun pejabat dan terutama ibu-ibu, sama persis ketika mereka membincang tentang alur cerita sinetron bawang merah bawang putih yang hampir setiap hari disuguhkan televisi.

Senin, 11 Maret 2013

[POLLING] PILKADA Jombang 2013-2018

Sumber: lensaindonesia.com
JOMBANG sebentar lagi akan menggelar pesta demokrasi, yaitu pemilihan bupati dan wakil bupati untuk periode 2013-2018 yang menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 2013. Ada tiga pasangan yang akan bersaing dalam memperebutkan kursi Jombang 1 dan 2. Ketiga pasangan tersebut adalah Munir Alfanani–Wiwik Nurjati (MUKTI), Nyono Suharly Wihandoko–Mundjidah Wahab (NOAH), dan Widjono Soeparno-Sumrambah (WIRA).
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...