Kamis, 28 Februari 2013

Bakso Cak Kar Malang, Rasanya Memang Menggelegar!

TAK salah memang jika menyebut Kota Malang sebagai “Kota Bakso”, yang sudah kondang sentero negeri. Ada banyak “brand” bakso yang tercipta di kota ini. Bahkan di salah satu perkampungan di Singosari ada banyak “pengrajin” bakso. Mereka membuat aneka varian bakso, baik untuk dijual sendiri ataupun dikirim ke kedai-kedai bakso yang dikelola sendiri atau dikelola orang lain.

Senin, 18 Februari 2013

Festival Kenduri Durian Wonosalam: Seru, Unik, dan Fantastik!

1361181216614610314
Tumpeng Durian
MESKIPUN hujan sehari sebelumnya hampir terjadi sepanjang waktu, tetapi pagi itu, dihari Minggu, tanggal 17 Februari 2013, warna biru sedikit berawan menghiasi langit Wonosalam, sebuah kawasan penghasil durian nomor wahid di lereng gunung Anjasmoro, 30 km di tenggara Kota Jombang. Suasana pun sudah mulai riuh dan jalanan sudah mulai dipadati berbagai jenis kendaraan, terutama yang menuju lapangan Wonosalam. Setidaknya tiga jalur utama yang menuju Wonosalam, yaitu jalur utara (Surabaya dan Mojokerto), jalur tengah (Jombang dan Mojoagung), jalur selatan (Malang dan Kediri) sejak pukul 7.30 sudah mulai mengalami kemacetan diberbagai titik. Termasuk jalur-jalur tikus atau jalan pintas juga penuh sesak oleh ribuan kendaraan dan massa dari berbagai kota di sekitar Jombang.

Minggu, 10 Februari 2013

Wedhusan, Tanaman Beraroma Kambing

DI kampung saya, rerumputan atau bunga ini biasa disebut dengan wedhusan, dari kata wedhus (kambing). Entah mengapa dinamakan seperti ini. Bisa jadi karena tanaman ini terkadang juga dijadikan campuran untuk pakan hijauan kambing sehingga dinamakan wedhusan. Atau mungkin karena aroma dari tanaman ini yang memang sedikit mirip dengan aroma kambing.

Kamis, 07 Februari 2013

KENDUREN WONOSALAM 2013, Pesta Durian Terbesar di Jombang Segera Digelar

SETELAH ditodong pertanyaan dari sana-sini perihal acara tahunan KENDUREN WONOSALAM 2013, Kenduri Durian di Wonosalam Jombang, akhirnya saya bisa memberi jawaban lewat postingan kali ini setelah mendapat bocoran dari salah satu panitia. Dengan tema yang sama dengan tahun lalu, yaitu Exhibition, Tourism,  Competition, and Conservation, acara inti KENDUREN WONOSALAM akan dilangsungkan di lapangan olah raga Desa/Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang pada hari minggu, tanggal 17 Februari 2013, dimulai pukul 08.00 WIB. Dalam acara ini juga digelar bazar yang memamerkan/menjual produk-produk lokal, terutama produk-produk pertanian dan hasil olahannya serta jasa-jasa pariwisata yang tersedia di kawasan Wonosalam.

Rabu, 06 Februari 2013

Sepenggal Cerita di Balik Sepotong Senja

SENJA itu purba, silih berganti datang dan pergi entah sudah berapa juta kali. Kala senja tiba, ada berjuta rasa yang menghinggapi. Ada rasa gembira dan khawatir, ada rasa membuncah bahagia, terkadang juga rasa was-was. Senja juga telah menginspirasi entah berapa ribu penyair, esais, cerpenis, novelis, penyanyi, bahkan blogger dalam mencipta karya. Menarik banyak manusia untuk ‘membuntuti’-nya, menguntitnya, memburu, mengintai, dan kemudian memotongnya dalam bingkai di balik lensa.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...