Selasa, 01 Januari 2013

Kumpulan Status Facebook Tahun 2012

MENGENAL dan menggunakan facebook sudah hampir 5 tahun atau sejak tahun 2008. Ketika itu pengguna facebook masih sangat sedikit. Saya iseng melakukan registrasi dengan mengisi form dan foto, dan setelah itu tak pernah saya buka lagi sekitar 6 bulan. Tiba-tiba saja pada tahun 2009, saya buka akun FB, sudah bertumpuk permintaan pertemanan, yang ternyata teman-teman saya di dunia nyata. Jadilah sejak itu saya relatif aktif di jejaring sosial facebook, sementara friendster yang sudah saya miliki jauh sebelumnya mulai terbengkalai.

Awalnya saya memang antusias mencari teman-teman lama saya lewat jejaring ini, sesekali update status, termasuk juga memasang link blog saya di wall FB. Meskipun demikian, saya tak terlalu aktif dan reaktif menuliskan status. Sekadarnya saja. Mungkin dalam setahun sekitar 50-an status, bahkan bisa jadi kurang dari jumlah itu. Seperti di tahun 2012 yang baru kita lewati, hanya 31 status saja. Dan itupun isinya sangat sederhana, tidak istimewa, cenderung norak, ndesit, tak prestis, dan tak terlalu penting bagi yang membaca. Terkadang tidak jelas dan sangat sulit untuk dijelaskan. Beberapa saya kutip dari beberapa orang yang setidaknya ketika itu sesuai dengan perasaan hati dan agar sedikit mengikis kenorakannya. Lebih detailnya, inilah status FB saya di tahun 2012 lalu:

December 22, 2012
jika kau menagih baktiku
itu sudah kupersembahkan ibu
waktu hidup yang tak kubiarkan beku
itulah tanda baktiku kepadamu

gula dan teh memang belum kuberikan
tetapi nilai hidup adakah di dalam nasi semata
......
[membaca tanpa suara dua penggal puisi "Ibu" karya Wiji Thukul dihari ibu].

December 12, 2012 near Malang
Firts# An important example of a price floor is the minimum wage. Minimum wage laws dictate the lowest price possible for labor that any employer may pay.

November 9, 2012
Doa yang perlu dipanjatkan sebelum tahun 2014# Ya Allah, jauhkanlah hambamu dari godaan partai politik yang tercela lagi terkutuk dan terlaknat!

October 19, 2012 via mobile
Sepotong sore bulan oktober di tepi waduk selorejo, menyeret memori 22 tahun lalu. Hujan-hujan pasang tenda di tepi waduk, belajar menanak nasi, belajar membaca sandi, belajar mandiri, dan belajar membiasakan memanggil bapak/ibu guru dengan sebutan 'kak'.

October 14, 2012
#OBROLAN WARUNG KOPI: WISUDA#
Si Long: Ris, perasaanku kamu tak pernah daftar kuliah. Kok tiba-tiba besok sudah mau wisuda?
Si Oris: Wah .... itu perasaanmu saja. Yang benar aku sudah mendaftar kok, seminggu yang lalu.
Si Long: Kok seminggu yang lalu? Bukankah normalnya kuliah itu butuh waktu, butuh proses? Lha kamu, tiba-tiba besok sudah mau wisuda.
Si Oris: Bener friend, aku minggu lalu sudah mendaftar, mendaftar wisuda untuk besok!
Si Long: #%^&#(!!???**!!!???
#Pada akhirnya Si Oris memang benar-benar diwisuda pada sebuah kampus antah berantah dengan ditandai pemindahan kuncir pada toga oleh Rektor yang bergelar Doctor Longoris Causa#

September 14, 2012 via mobile
Bus Jombang-Malang# Sekitar 11 tahun berlalu tak menumpanginya dengan tujuan itu. Menerjang kabut pegunungan, menyusuri tanjakan, turunan, zigzag, dan penuh lika-liku. Seperti kisah hidup ini!

August 10, 2012
Kekuatan mana di muka bumi ini yang berani melawan kedahsyatan simpanan kekuatan umat Islam? Kalau santri sekelas Amrozi dan rombongannya saja mampu mengguncang dunia dan cukup membuat Polri, BIN, CIA, dan dinas intelijen Australia porak-poranda kesombongannya. Itu baru Lamongan, belum Langitan, Tuban, Gresik. Jangankan lagi omong Pasuruan, Probolinggo, Jember, Situbondo, dan jangan pula sebut Jombang [Emha Ainun Nadjib].

March 27, 2012 via mobile
HASIL CANGKRUAN DI PINGGIR LADANG# Bukannya tak mau dan tak mampu demonstrasi di jalanan untuk mendemo pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. Di benak kami sederhana saja, sejak 2004 kami menganggap sudah tak ada pemerintah!

September 8, 2012 via mobile
THANKS TO ALLAH. Alhamdulillah masih hanya korsleting, asap yang memenuhi kabin dan bara menganga pada kabel-kabel itu. Dan itu sudah membuatku ngeri dan panik. Entah apa jadinya kalau ada percikan api dan menyulut tanki premium itu.

August 21, 2012
Kesimpulan sederhana dari guru-guru ngaji dulu# Minta maaf ataupun minta ampun itu ada tata caranya, ada syariatnya yang harus dipenuhi. Kalau membuat "kesalahan langsung" pada Tuhan cukup istighfar pada Tuhan dengan syarat-syarat yang menyertainya. Jika membuat kesalahan pada manusia lain, minta maaf pada yang bersangkutan baru kepada Tuhan. Jika mencuri atau korupsi, harus dikembalikan dulu hasil korupsi itu pada yang bersangkutan, lalu minta maaf pada yang bersangkutan, baru kemudian minta maaf pada Tuhan. Sebab jika tidak, misal hanya minta maaf saja sementara rekening hasil korupsi tetap gendut, mungkin malaikat dan alam semesta ciptaan Tuhan akan mentertawainya!

August 12, 2012
Ini partai atau penjual jimat yang (seperti iklan di koran-koran) menjual jimat dengan imbalan "mahar". Benar-benar Plinplan, Konyol, dan Sontoloyo!

August 11, 2012 via mobile
Sekitar 15 menit yang lalu di jalan antara Bareng-Ngoro, dari jarak sekitar 10 meter di depan saya, kecelakaan lalu lintas terjadi. Pengendara motor tertimpa cabang pohon yang tumbang akibat tersangkut truk dengan kapasitas muatan over height. Pengendara motor dengan 4 penumpang pun terjatuh, terseret dan menabrak mini truk dari arah berlawanan. 4 orang terkapar, salah satunya seorang anak berusia sekitar 7 tahun tertelungkup di bawah gardan mini truk dengan darah mengucur di kepala dan meleleh di aspal.

August 10, 2012
Televisi itu tidak punya agama, hanya memanfaatkan momentum untuk jualan. Musim salak jualan salak, musim ramadhan jualan agama. Di televisi itu tidak ada urusan nilai, jadi kalau ada kyai atau ustadz di situ cuma distempel saja [kenduricinta].

August 3, 2012
Dan akhirnya, setelah terpuruk di Thomas Cup, Uber Cup, dan Piala Sudirman, kini Indonesia tanpa medali satupun dari cabang badminton. Apakah Sang Jenderal yang menjadi "panglima" PBSI masih bisa petentang-petenteng berlenggang dengan pundak yang tertempel empat bintang? Badminton itu pegang raket dan suttle cock, bukan senapan dan peluru!

July 27, 2012
Huru-hara tentang tahu, tempe dan kedelai# Sepertinya menanam kedelai itu lebih menyibukkan dan merepotkan dibanding "menanam" jenggot yang bisa dipanen tiap jumat!

July 24, 2012
Kata seorang cendikiawan muslim: Sesungguhnya "kelaparan" merupakan ungkapan sosial yang paling tragis dari harkat dan harga diri kemanusiaan. Namun, seorang yang lapar dari fenomena kelaparan tidaklah dengan sendirinya mengerti secara politik mengapa mereka menderita lapar, dan belum tentu juga menghayati sepenuhnya mengapa harus melakukan ritus "kelaparan".

July 20, 2012
Sedikit kesimpulan yang bisa saya ambil setelah membaca berbagai berita 2 hari terakhir: Orang lain pada sibuk mengurus "visa" untuk rencana kunjungan ke bulan, kita masih sibuk meributkan dan meribetkan posisi bulan!

July 2, 2012
"Modal mental spiritual plus intelektual saja ternyata tak cukup, butuh modal finansial dalam kantong yang tebal", begitu kira-kira kesimpulan sementara yang bisa saya ambil dari perkataannya.

July 2, 2012 via mobile
Akhir sebuah turnamen, MATADOR 'melumat' PIZZA!

June 1, 2012
Keresahan dan tanda tanya banyak warga di kampung halaman beberapa hari terakhir tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Mereka mempertanyakan besaran pajak yang akan dibayarkan yang mengalami kenaikan "tak wajar". Ada yang bilang kalau tahun lalu dia hanya membayar pajak sekitar 30-an ribu, sekarang naik menjadi lebih dari 200-an ribu. Ada yang dulu cuma membayar 200-an ribu sekarang naik menjadi hampir 3 juta, padahal luasan lahan dan bangunan relatif sama. Dan sepertinya dari gerutuan mereka yang saya dengar, mereka mulai sadar untuk "tidak bijak" melawan kebijakan yang "tidak bijak" penentu dan penarik pajak!

May 5, 2012 via mobile
Masa lalu terkadang membuat rindu mengharu biru, tetapi 'konser' musik Nicky Astria dalam bus jurusan Jombang-Surabaya pagi ini, menghadirkan kembali masa lalu itu.

April 19, 2012
#DAN ORDE PALING BARU#
KKN berkembangbiak sampai kelurahan, banyak orang yang kehilangan pegangan, perlu pemimpin yang demokratis, kata seorang tokoh yang baru sembuh dari sakit. Sementara rakyat tidak peduli siapa yang mimpin, yang penting kebutuhan hidup yang wajar terpenuhi, banyak orang yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kota besar menjadi maghnet karena televisi mengiming-imingi, dan jelas rakyat butuh pendidikan, tapi pendidikan yang didapat adalah rongsokan. Soal kesehatan sulit didahulukan, sebab sudah bisa makan sehari saja sudah hebat, jangan tanya soal sandang dan papan, loakan dan kontrakanlah jadi jawaban. Katanya bisa kembali normal karena memang keadaan ini tidak normal, itu sebabnya bermunculan paranormal [Iwan Fals].

April 3, 2012
Subyektivitas itu kira-kira sejenis menghirup bau kentut. Maksudnya, semua kentut orang lain pasti busuk. Sedangkan kentut sendiri seperti punya aroma yang berbeda. Meskipun tidak harum, paling tidak masih enak diendus sendiri [D. Zawawi Imron].

March 31, 2012
Kata kartun Sukribo di Kompas minggu lalu, 25 Maret 2012, "SWALAYAN", ketika Sukribo mau diajak kawannya untuk mendemo pemerintah, dia menjawab enteng, "emangnya kita punya pemerintah?" Ini juga mengingatkan perkataan almarhum Nurcholis Madjid beberapa tahun lalu, bahwa kita harus membiasakan hidup tanpa pemerintah!

March 27, 2012 via mobile
HASIL CANGKRUAN DI PINGGIR LADANG# Bukannya tak mau dan tak mampu demonstrasi di jalanan untuk mendemo pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. Di benak kami sederhana saja, sejak 2004 kami menganggap sudah tak ada pemerintah!

March 1, 2012 via mobile
Mengerikan, baru saja melihat kecelakaan di Jalan Raya Janti Peterongan Jombang. Sedan putih dari arah Surabaya oleng dan menabrak dan terpental ke jalur berlawan lalu menabrak motor dan truck bermuatan barang sebelum akhirnya sedan terhenti dengan kondisi ringsek dan terbalik. Terlihat pengendara motor terkapar sebelum ditolong warga, diangkut dengan truck mini menuju rumah sakit.

February 9, 2012 via mobile
Pengajian dalam rangka maulud nabi di kampung halaman, sebelum ceramah agama dimulai, diawali ceramah 'politik' seseorang yang akan mencalonkan diri untuk mengikuti pemilihan Bupati Jombang 2013 plus pembagian kalender dengan foto 'seseorang'!

February 2, 2012 via mobile
Cangkir kopi sudah yang ketiga. Hujan juga sudah mulai reda dan dzikir jangkrik mulai bersautan menggema. Tapi dunia kata tetap sunyi. Dunia hati tetap menyendiri. Dan perlawanan tak boleh usai!

January 29, 2012 via mobile
Lagi-lagi sore, dingin, kabut, gerimis, secangkir kopi, dan sebuah buku puisi!

January 25, 2012
Setelah dilakukan konversi ke harga sekarang, ternyata income tahunan seorang pekerja seks komersial (PSK) tahun 2009 hanyalah 1/5 dari income-nya pada tahun 1910. Penyebabnya bukan turunnya demand karena tingkat libido kaum pria tetap konstan dalam satu abad terakhir, tetapi lebih pada strategi diskriminasi harga dan potongan harga yang mereka aplikasikan [Steven D. Levitt dan Stephen J. Dubner: SuperFreakonomics].

January 25, 2012
Bisa saja karakter orang Jombang itu sebanyak jumlah jiwa yang menghuni: Entah itu karakter seperti Gus Dur, Ustad Ba’asyir, Cak Nun, Nurcholis Madjid, Gombloh, Asmuni Srimulat, Cak Durasim, Markeso, atau Ryan dan Ponari. Juga memungkinkan muncul karakter ramah dan tegar seperti Cak Bancik, penjual nasi goreng di Kebonrojo yang saya kenal, dan Mbok Temu penjual nasi kikil di barat stasiun, tempat andok jaman dulu!

January 11, 2012
Jika proses politik (pemilihan legislatif misalnya) itu berjalan ‘semestinya’, seorang politisi itu bisa disebut sebagai entrepreneur politik karena kemampuannya menawarkan kebijakan-kebijakan ataupun produk regulasi yang diinginkan median voter untuk kemaslahatan bersama. Namun kenyataannya, proses politik sulit berjalan ‘semestinya’ sehingga seringkali pemilih dikecewakan.

4 komentar:

  1. nah, tahun ini statusnya harus lebih wow lagi berarti pak.. :D

    BalasHapus
  2. bagus pak, salam buat semua yg dijombang :D

    BalasHapus
  3. Wah, sudah hampir 5 tahun ya, Mas. Mantaps tuh, hehe.... Kalo saya belum lama, itu pun dibuatkan teman, trus dikasih tahu paswordnya, dst. Tidak lama setelah itu, saya mengenal blog.

    Meski jarang2 bikin status, tapi bagus2 gitu kok Mas....

    BalasHapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...