Sabtu, 29 September 2012

Mahfud MD: Demokrasi di Indonesia Masih Becek

"DEMOKRASI di Indonesia ini masih becek. Banyak masalah yang harus dibenahi, seperti kasus suap, korupsi. Padahal, demokrasi di Indonesia sudah mulai teratur semenjak ada Gus Dur. Gus Dur membawa sistem pemerintahan yang lebih demokratis dengan mau  memperhatikan kepentingan rakyat dan menerima kritik dari rakyat."

Kamis, 27 September 2012

Maumere: Dari Moke Sampai Kata Romantis!

SEKITAR satu setengah tahun saya telah meninggalkan kota Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, setelah hampir tiga tahun menginjakkan kaki di kota kering dan panas tapi eksotik dan selalu menimbulkan kerinduan baru. Ada banyak memori yang terpatri selama itu. Tak hanya masalah sosial-budayanya saja, atau pesona alamnya, terutama keindahan lautnya, tetapi juga hal-hal remeh menjadi sesuatu yang menarik dan unik, setidaknya bagi saya.

Rabu, 26 September 2012

Cara Mudah Mencari Nilai t-Tabel dan F-Tabel Menggunakan Microsoft Excel

SERINGKALI dalam penelitian (kuantitatif) kita dihadapkan pada pengujian hipotesis, yaitu dengan cara membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel atau F-hitung dengan F-tabel. Nilai t dan F hitung adalah hasil dari perhitungan atau running dari data-data yang kita olah, sementara t dan F tabel adalah nilai yang sudah ada dan biasanya tertera dalam lampiran pada buku-buku ekonometrika atau statistik. Namun, dalam lampiran buku-buku ekonometrika atau statistik, biasanya hanya memuat angka untuk t-tabel maupun F-tabel dengan jumlah sampel yang terbatas.

Selasa, 11 September 2012

Inilah Cara Mengobati Tanaman Cengkih yang Terserang Penyakit BPKC

SETELAH membuat postingan sebelumnya, tentang bakteri yang menyerang tanaman cengkih di kawasan Wonosalam, tergerak saya untuk mencari informasi dan literatur-literatur yang membahas bakteri ini serta bagaimana mencegah dan/atau mengobatinya. Ada beberapa teman yang juga menanyakan hal itu. Karena saya tidak pernah belajar formal tentang hal ini, atau masalah biologi tanaman, termasuk juga hama dan penyakit tanaman, tentu saja saya kebingungan dalam menjawabnya. Beberapa hari ini saya coba miyak-miyak (memilah-milah) buku-buku yang mungkin saja ada di almari.

Minggu, 09 September 2012

Dan Ternyata, Pakdhe Cholik Itu Nyata!

ALHAMDULILLAH, hari minggu siang tadi saya bisa bertemu dengan komandan blogcamp. Siapa lagi kalau bukan Pakdhe Cholik, blogger asal Jombang yang tinggal di Surabaya. Tak hanya Pakdhe Cholik seorang, tetapi juga dengan “pasukannya“ dan beberapa blogger seperti Mbak Elsa, yang sudah saya kenal sejak sekitar 4 tahun lalu di dunia blog, dan Mbak Yuniar yang baru saja saya kenal setelah disebut-sebut Pakdhe Cholik di group facebook “Warung Blogger”. Bukannya tanpa perencanaan pertemuan di sebuah rumah makan di Jombang ini.

Jumat, 07 September 2012

Mungkinkah Bakteri Mematikan Ini yang Menyerang Kawasan Wonosalam?

SETIDAKNYA hampir lima sampai tiga tahun terakhir, areal produksi cengkeh di kawasan Wonosalam, Jombang mulai menyusut. Ini bukan karena kesengajaan para petani yang mengalihkan jenis tanamannya atau memberangus tanaman cengkehnya. Tetapi lebih karena serangan penyakit yang mematikan terhadap tanaman cengkeh, yang sampai sekarang belum jelas apa jenis penyakitnya. Benyak masyarakat tani di sana yang menduga-duga apa gerangan wabah yang melanda petani cengkeh ini?

Sabtu, 01 September 2012

Sepenggal Catatan dari Desa di Kaki Gunung

panen tiba petani desa memetik harapan
bocah-bocah berlari lincah di pematang sawah
padi menguning lambai menjuntai ramai dituai
riuh berlagu lesung bertalu irama merdu

senja datang mereka pulang membawa harapan

Kampung Halaman (Dok. Pribadi)
MENDENGAR awal syair lagu yang ditulis Iwan Fals itu mungkin kita akan berimajinasi ke suasana alam pedesaan yang damai dan ramai tatkala panen padi tiba. Tergambar terang dan jelas, padi menguning keemasan menghampar sepanjang mata memandang, melambai-lambai diterpa angin seolah mengisyaratkan harapan akan peningkatan kesejahteraan. Ditambah lagi riuhnya lesung bertalu berirama merdu yang mengiringi roda perekonomian desa yang masih semarak berputar. Anak-anak desa pun tak ketinggalan ikut berpesta dengan berlari-lari lincah di pematang menikmati keriangan orang tuanya, menuai harapan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...