Senin, 14 Mei 2012

Robohnya Pohon Cengkeh di Kampung Kami

Kondisi pohon cengkeh yang meranggas 
(Foto: Dok. Pribadi)
BULAN Mei ini, di kampung kami, kampung di Wonosalam, Jombang, mulai semarak seiring datangnya musim petik bunga cengkeh. Bahkan di bulan April lalu, beberapa petani sudah mulai ada yang memanen cengkehnya. Para petani juga sudah mempersiapkan datangnya musim panen dengan mulai membuat atau membeli bambu untuk dijadikan tangga. Panen raya bunga cengkeh di kawasan Wonosalam umumnya terjadi antar bulan juni hingga September. Awal panen musim ini pun harga bunga cengkeh di Wonosalam sekitar Rp. 30.000.- per kilogram basah.

Rabu, 09 Mei 2012

Inilah Tempat Persembunyian Neneng!

Sumber: http://noonathome.wordpress.com
MINGGU pagi itu banyak orang kampung berduyun-duyun ke rumah Neneng memastikan keberadaannya. Pagi itu Neneng telah ditemukan dari tempat persembunyiannya, setelah semalaman sempat “menghilang”. Siswi kelas 5 SD ini di ditemukan tertidur pulas di bekas kandang kambing milik Pak Udin yang telah dikosongkan. Yang menemukan Pak Nazar bersama Pak Udin dan beberapa tetangga lainnya selepas sholat subuh.

Senin, 07 Mei 2012

Bung Karno: Malaysia, Negara Tanpa Konsep

HAI engkau Malaysia, apa konsepsi yang engkau berikan kepada umat manusia, apa konsepsi yang engkau berikan kepada rakyat di Kalimantan Utara? Atau rakyat di Malaya atau rakyat di Singapura? Apa konsepsi yang engkau keluarkan? Republik Indonesia tegas mengeluarkan konsep, PANCASILA ! 


Sabtu, 05 Mei 2012

Meningkatkan Daya Saing Agribisnis Jawa Timur di Era Global

Para pembicara dalam seminar (Dok. Pribadi)
SEKITAR pukul 07.45 WIB suasana di Gedung Tani Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo, mulai ramai oleh pengunjung yang akan menghadiri acara seminar dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Agribisnis Jawa Timur di Era Global” yang digagas oleh Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor Wilayah Jawa Timur. Tertera diundangan yang disebar diberbagai milis dunia maya, acara akan dimulai jam 08.00, dan dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan, Gubernur Jawa Timur, M. Nasikh, owner PT. Kelola Mina Laut, dan Direktur PT. Jatim Graha Utama sekaligus pengelola Puspa Agro, Erlangga Satriagung.


Jumat, 04 Mei 2012

Semut Rangrang Sahabat Petani

1335876804413676865
Semut Rangrang (Sumber: www.fotografer.net)
SEJAK beberapa bulan lalu, ketika saya belajar lagi menjadi kuli petik buah kakao, saya selalu mengamati beberapa tanaman kakao yang saya petik. Sangat senang jika yang saya petik kondisinya bagus dan jumlahnya banyak. Namun sayangnya, sejak beberapa tahun terakhir kondisi buah kakao di kampung saya tidak terlalu bagus. Berbagai hama dan penyakit tanaman menyerang dengan radikal dengan luasan lahan yang tidak bisa dibilang sedikit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...