Rabu, 30 November 2011

Inilah Kriteria Umum Menulis Artikel di Kompas

SEKITAR tahun 2001 saya pernah untuk pertama kalinya nekat mengirim sebuah tulisan resensi buku ke Kompas, hasilnya sukses ditolak dan dikembalikan dengan catatan yang dikirim dengan amplop berwarna coklat. Ini yang membuat saya berpikir ulang kalau mau mengirimnya lagi. Saya sempat tidak berpikir lagi untuk menulis untuk sementara waktu. Baru empat-lima tahun kemudian, atau di akhir 2005 saya mulai memberanikan diri lagi untuk menulis dan mengirimkan lagi artikel-artikel saya ke Kompas Jatim dan Jabar, karena saya dalam rentang waktu itu mondar-mandir tinggal di dua tempat itu.

Jumat, 25 November 2011

Benarkah SBY Pernah Menikah Sebelum Masuk Akabri?

PAGI-pagi sekali saya sudah mendapatkan sebuah link dari sebuah forum, yang bagi saya cukup mengagetkan. Betapa tidak, link tersebut menyangkut kehidupan (pribadi) orang nomor satu di Indonesia saat ini. Kaget, tercengang, bertanya-bertanya dalam hati sekaligus penasaran. Benarkah isi dari link itu? Apa cuma berita-berita hoax yang bisa bikin "huek", isu-isu untuk menjatuhkan, fitnah, atau ada kepentingan politik lainnya. Entahlah! Dan setelah saya berselancar di google, ternyata kabar sejenis sudah beredar sejak tahun 2007 lalu. Wah, saya benar-benar ketinggalan berita. 

Senin, 07 November 2011

Sholat Idul Adha Menghadap Gereja?

SHOLAT Idul Adha menghadap gereja? Ya begitulah yang terjadi dan saya alami. Tahun lalu, saya masih merayakan hari raya qurban di Kota Maumere, Flores NTT. Sebagai umat yang jumlahnya minoritas di kota ini, suasana idul adha biasa-biasa saja, artinya tak semarak dan semeriah di kampung asal saya (Jombang). Itu makanya untuk menambah syiar sekaligus lebih menyemarakkan suasana hari raya, sholat idul adha di kota ini tempat pelaksanaannya dijadikan satu, yaitu di lapangan (alun-alun) tengah kota. Jika pun dilaksanakan di masjid, sepertinya masjid yang ada tak mampu menampung seluruh jamaah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...