Senin, 22 Agustus 2011

Mudik, Fenomena Ekonomi dan Spiritual

MUDIK yang terjadi setiap tahun menjelang Lebaran merupakan sebuah fenomena yang menarik sekaligus unik bagi bangsa kita. Menarik dan unik karena mungkin ini adalah satu-satunya fenomena yang tidak terjadi di belahan bumi lain. Berjuta-juta manusia berbondong-bondong pulang menuju kampung halaman masing-masing dalam satu momentum menjelang Lebaran.

Mengapa mudik terjadi? Banyak hal yang melatarbelakanginya. Rasa rindu akan kampung halaman dan keinginan merayakan Lebaran bersama keluarga merupakan alasan klasik pemudik. Bisa jadi oleh sebagian pemudik, mudik juga dijadikan ajang untuk menunjukkan kesuksesan setelah sekian lama meninggalkan kampung halaman.

Jumat, 05 Agustus 2011

Buku dan Rekam Jejak

BAGI saya buku merupakan barang yang sangat mewah. Betapa tidak, saya hidup dalam lingkungan “kurang membaca” buku. Jangankan membeli buku, sekadar membaca buku gratis pun agak berat. Untungnya dijaman SD dulu, buku-buku di sekolah ketika itu masih cukup banyak. Bahkan di setiap kelas ada lemari buku yang setiap pergantian caturwulan dibagikan (dipinjamkan) ke seluruh siswa. Jadi, ketika SD saya hampir tak pernah membeli buku-buku pelajaran seperti sekarang yang ditengarai telah menjadi ajang bisnis. Buku-buku itu seingat saya terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan tulisan pesan di bagian sampul belakang buku yang masih membekas di benak saya: "Buku ini milik negara. Dipinjamkan kepada murid, untuk dibawa pulang. Rawatlah buku ini baik-baik, tahun depan adikmu yang akan menggunakan buku ini".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...