Jumat, 25 Juli 2008

Desa dan Kemiskinannya

SAMPAI saat ini di pedesaan, khususnya di Jawa Barat, masalah yang sering kali mengemuka adalah tingginya jumlah kaum miskin. Meskipun masyarakatnya terlihat bekerja, sebenarnya yang terjadi adalah tingkat pendapatan yang sangat rendah. Banyak masyarakat hidup di bawah garis kemiskinan. Hidup mereka tergantung pada kemurahan alam dengan penghasilan subsisten. Apalagi, dalam kondisi harga-harga yang melonjak seperti saat ini daya beli masyarakat semakin menurun. Jumlah orang miskin dan penganggur terselubung kian meningkat. Bila hal ini tidak segera ditangani, tentu akan timbul gejolak sosial.

Rabu, 16 Juli 2008

Jombang Meledak!

CATATAN ini sekadar untuk memenuhi rasa ingin tahu kawan-kawan di Jombang yang menginginkan saya untuk menulis makanan unik yang ada di Jombang. Saya tak tahu alasannya mengapa mereka meminta saya. Padahal, saat ini saya berada jauh dengan jarak ribuan mil di luar Jombang dan juga saya merasa tidak banyak tahu dengan aneka makanan yang ada di Jombang, apalagi makanan-makanan yang kelas eksklusif. Tetapi karena saya tak ingin mengecewakannya, dengan sekuat kemampuan memori yang cekak ini, saya pun mencoba mengingat-ingat kembali makanan atau penganan apa yang mempunyai keunikan nama yang ada di Jombang.

Kamis, 10 Juli 2008

Menapak di Pulau Sumba, 1

ENTAH sudah berapa kali saya menapakkan kaki di Pulau Sumba ini, pulau yang terik tetapi sangat menarik dengan berjuta pesona yang sangat unik. Pulau yang setiap pesawat mendarat di salah satu bandaranya, Tambolaka, selalu mempertontonkan barisan lembu di kanan-kiri bandara yang jumlahmya tak terhitung, seolah menyambut kedatangan para tamu.

Sabtu, 05 Juli 2008

Hiburannya Hanya Babi?

BEBERAPA bulan lalu di awal tahun, ketika saya baru beberapa hari menjejakkan kaki di pulau yang masih sangat asing bagi saya ini, saya mendapat SMS dari salah seorang sepupu di Jawa Timur masih duduk di bangku kelas 4 SD. Inti SMS-nya adalah tentang hiburan apa yang ada di Pulau Flores ini. Saya pun menjawab, bahwa hiburannya untuk sementara ini hanya babi. Hanya babi?


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...