Sabtu, 28 Juni 2008

Jejak Flores (1): Menyusuri Desa Sikka

RASANYA terlalu manis untuk melewatkan begitu saja tanpa menancapkan “prasasti aksara”, untuk sedikit mengabadikan jejak langkah di kawasan ini. Semoga ini akan menjadi landasan utama prasasti itu. Saya mulai saja dari Desa Sikka. Ini adalah salah satu desa di antara puluhan desa yang telah saya telusuri. Namanya persis dengan nama kabupaten yang menjadi homebase saya, yaitu Kabupaten Sikka. Konon, desa inilah yang menjadi cikal-bakal lahirnya Kabupaten Sikka di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini.

Kamis, 12 Juni 2008

Jatim Swasembada Beras, Sampai Kapan?

SEJAK dulu Jawa Timur telah dinobatkan sebagai salah satu kawasan lumbung beras dan pemasok terbesar pangan nasional. Ini wajar, di samping karena kondisi geografis dan iklim yang memungkinkan Jatim untuk berswasembada, juga masyarakatnya telah lama bersentuhan dengan usaha pertanian padi, bahkan telah mengakar- budaya. Buktinya, pada setiap tahapan bertani padi, masyarakat kita masih banyak yang melakukan prosesi ritual sakral.

Minggu, 08 Juni 2008

Pecel Rengkek, Pesona Lain Jombang!

SEDERHANA tetapi sangat mengesankan! Inilah kesan dari Pecel Rengkek (huruf “e” dari kata “rengkek” baca seperti membaca nama beberapa pelawak Eko Patrio, Eko Srimulat atau Eko Londo), salah satu jenis nasi pecel yang sempat saya nikmati ketika pulang kampung di Jombang selama beberapa minggu di bulan lalu. Saking terkesannya, membuat saya tak bisa dengan spontan menuliskannya. Saya terpaksa menuliskannya ketika sudah berada di pedalaman Pulau Flores ini dengan air liur yang hampir ndlewer, terbayang aroma khas bumbunya yang sangat ngangeni itu. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...